Senin, 04 Juni 2012

Agar Anak Mau Bantu Bersihkan Rumah

SESUNGGUHNYA, orangtua bisa menempuh langkah sederhana mendidik anak menjadi lebih disiplin. Mengajak anak membersihkan rumah adalah salah satu cara sederhana namun efektif dalam mendidik anak. 
Agar aktivitas membersihkan rumah jadi menyenangkan dan anak tertarik melakukannya, Anda perlu simak pemaparan dari Sheknows.

Sediakan alat yang mudah digunakan anak

Sebelum mengajak anak membersihkan rumah, Anda perlu menyediakan alat pembersih rumah terlebih dulu. Alat-alat tersebut harus bisa mereka gunakan secara mudah. Sebagai contoh, Anda perlu membeli atau membuat sapu untuk mengepel yang gagangnya lebih pendek agar cocok dengan tinggi tubuh anak.
Ubah aktivitas membersihkan rumah menjadi suasana bermain

Agar anak bersemangat membersihkan rumah, Anda perlu mengubah aktivitas tersebut menjadi suasana bermain. Untuk menciptakan suasana yang lebih santai, Anda dan anak bisa membersihkan rumah sambil mendengarkan lagu.

Buat sistem penghargaan

Hadiah dapat menjadi motivasi bagi anak agar mau membersihkan rumah. Jika anak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, maka Anda bisa memberinya hadiah. Hadiah yang Anda berikan bisa bermacam-macam, seperti mainan atau Anda akan memasak makanan kesukaannya.
Biarkan anak memilih pekerjaan yang diinginkan

Anda bisa memberi kebebasan pada anak terkait ruang mana yang ingin mereka bersihkan terlebih dulu. Atau beri mereka kesempatan untuk melakukan tugas yang disukai terlebih dulu.

Biarkan anak bertugas mengelompokan barang

Anda perlu memberi tugas kepada anak untuk merapikan rak piring. Ketika merapikan rak piring, anak akan belajar mengelompokan barang-barang dalam rak piring tersebut.
Bersihkan rumah Anda bersama anak

Anda perlu meminta anak membantu membersihkan rumah. Membersihkan rumah adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama anak. Selain mendidik anak jadi disiplin, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan anak.
(tty)

okezone

0 komentar:

Tinggalkan komentar...